Selasa, 17 Februari 2009

Pertanyaan Seputas Desain Grafis

  1. Apa yang dimaksud desain grafis? Menurut saya desain grafis adalah gagasan visual yang diwujudkan dalam bidang 2 dimensional.
  2. kalau begitu apakah rancangan visual dalam bentuk 3 dimensional tidak bisa disebut desain grafis? Sebenarnya yang dimaksud 3D adalah bentuk imajiner. Semua yang kita rancang dalam komputer maupun kertas adalah medium 2 dimensional.
  3. jadi yang dimaksud 3 dimensional? Bentuk 3 dimensi adalah bentuk yang sudah teraplikasikan kedalam bentuk secara nyata dan dapat diraba co. Gedung, visual merchandising, display dll.
  4. kalau begitu apa saja ruang lingkup desain grafis? Ruang lingkup desain grafis sangat banyak, antara lain: desainer kemasan, kartu undangan, layout majalah, cover buku, sign system, coorporate identity, logo, website master, animator, ilustrasi, komik, modeling 3D, digital fotography
  5. wah, kalau begitu banyak dong? Ya anda benar, ruang lingkup desain grafis memang sangat banyak. Bahkan ketika anda sedang mencoret-coret foto mantan pacar andapun, itu berarti anda sudah belajar desain grafis.
  6. kalau saya belajar desain, dimanakah kelak saya berkerja? Biasanya di percetakan, studio desain, studio animasi, image setting, kantor redaksi majalah, studio foto. Sekarang bahkan muncul trend bekerja sebagai freelance desainer yang kantornya cukup di kamar kos-kosan tapi order bisa datang dari mana-mana.
  7. wah enak dong kalau begitu, bisa bekerja dimana aja? Ya, bekerja di industri kreatif memang sangat dinamis. Meski banyak lapangan pekerjaan menjanjikan, saya lebih menyarankan anda untuk berwiraswasta sendiri. Selain anda bisa menjadi pemimpin, anda bisa mendapat pendapatan yang lebih besar.
  8. kalau begitu apa perbedaan desain grafis dengan desain komunikasi visual? Sebenarnya kedua istilah ini memang banyak kesamaan, tapi secara umum desain grafis lebih menekankan hal teknis dan estetika sedangkan desain komunikasi visual lebih menekankan aspek komunikasi dan konseptual. Detail mengenai kedua istilah tadi sudah saya bahas pada artikel edisi sebelumnya.
  9. apa bekal yang harus dipunyai seseorang untuk menjadi desainer grafis? Kreatifitas dan minat belajar yang besar.
  10. apakah hanya itu? Akan lebih baik jika anda punya bakat menggambar manual.
  11. kalau ga bisa gambar manual, gimana dong? Ha..ha..ha. sebenarnya kemampuan menggambar manual adalah salah satu faktor pendukung saja, yang terpenting adalah sense of art. Terlebih jika anda mempunyai kemampuan dalam memecahkan masalah, maka anda bukan hanya bisa menjadi desainer saja melainkan juga konseptor. Selama kemampuan teknis komputer anda memadai, anda boleh berlega hati meski anda tidak bisa menggambar manual.
  12. apa keuntungan mendesain dengan manual hand drawing? Gambar manual lebih manusiawi dan ekspresif, sangat khas sehingga dapat dengan mudah menemukan ciri dari goresan anda sendiri, eksplorasi alat dan media lebih banyak.
  13. kekurangan mendesain manual? Relatif lebih lambat, sangat membutuhkan bakat dan ketelitian, sulit direproduksi, harga relatif mahal sehingga kurang kompetitif.
  14. apa kekurangan mendesain dengan bantuan komputer? Waktu pembuatan relatif cepat, desain lebih murah dan kompetitif, mudah direproduksi, mudah diperbaiki karena ada fasilitas undo, adanya clipart dan font gallery lebih memperkaya elemen desain.
  15. kekurangan mendesain dengan bantuan komputer? Tidak manusiawi dan kurang ekspresif, fasilitas undo dan history menyebabkan desainer menjadi ceroboh dan kurang teliti, perlu belajar software grafis dan pengetahuan komputer yang memadai, beberapa kalangan menganggap desain dengan bantuan komputer adalah seni murahan dan kurang berbobot.
dikutip dari buku Trik & Trip Computer Graphic by Hendi Hendratman
Edited and Posting By Daniar Wikan Setyanto, S.Sn
Dosen DKV Fasilkom Udinus Semarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar