Selasa, 17 Februari 2009

Etiket

Etiket (perancis : etiquette) menurut kamus berarti merek, potongan kertas pada kemasan barang, yang berisi tentang keterangan mengenai isi barang yang dikemas. Merek / branding mempunyai pengertian lebih luas dari pengertian etiket. Ketika etiket ditempel pada pembungkus atau kemasan sering juga disebut label. Bahan etiket sangat beragam, mulai dari kertas, plastic, kain, dll. Perkembangan kemudian, label ini tidak ditempelkan melainkan dicetak langsung pada kemasannya.

Etiket sesungguhnya adalah alat komunikasi visual, karena terdiri dari beberapa informasi dan gagasan tentang suatu produk, yang menghubungkan antara produsen dengan khalayak.

Melalui etiket diharapkan khalayak tergugah kesadarannya sehingga menjadi konsumen yang memiliki ‘kesadaran merek’ (brand awareness). Kesadaran konsumen dianggap sebagai langkah awal yang harus dicapai dalam usaha penjualan sebuah produk. Sebagai satu bentuk komunikasi visual, yang merupaan bagian dan alat periklanan, khususnya periklanan cetak, etiket memberi pamahaman dan citra kepada kalayaknya, atas karakteristik, daya tarik, dan perbedaan dengan merek-merek lain.Adapun ciri-ciri yang tampak pada etiket atau label adalah :
  1. Menempel pada sebuah produk atau kemasan (dalam perkembangannya dicetak diatas kemasan.
  2. Berbentuk dua dimensional
  3. Dalam etiket biasanya berisi nama produk sebagai merek dagang (trade mark), diikuti dengan keterangan penjelas lain : no registrasi, teks isi singkat produk, teks rasa, ilustras, nama perusahaan, kota tempat produksi, dan terkadang logo yang terintegrasi dengan nama merek dagang tersebut.

contoh visual :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar