Senin, 16 Februari 2009

ILM (Iklan Layanan Masyarakat)

Komunikasi Visual ILM (iklan Layanan Masyarakat)
  1. Komunikasi : mekanisme yang menyebabkan adanya hubungan antar manusia, dan yang mengembangkan semua lambang pikiran, lewat perantara media untuk menyiarkannya (Charles Cooley)
  2. Visual : kasat mata (dapat dilihat oleh indra)
  3. ILM : bentuk komunikasi massa yang bersifat non-komersial dan non personal dengan tujuan memberi sebuah didikan/pelajaran terhadap masyarakat dan mempengaruhi perilaku masyarakat sesuai dengan etika dan moral positif
Ciri-ciri ILM
  1. Tidak mengandung unsur komersial
  2. Tidak ada unsur produk
  3. Klien ILM adalah yayasan/organisasi sosial non profit
  4. Berupa didikan/anjuran tingkah laku tertentu (persuasi)
  5. “Kecenderungan” memiliki target lebih luas daripada periklanan komersial
Skema Aspek pembentukan ILM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar